RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : VII /1
Alokasi waktu :
2X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 3. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
KOMPETENSI
DASAR : 3.4. membiasakan prilaku
ikhlas,taat, khauf, dan taubat
dalam
kehidupan sehari-hari
INDIKATOR
: 3.4.1.
Mendemonstrasikan perilaku akhlak (group resume,
video,
comment)
3.4.2. Mendemonstrasikan perilaku taat (group
resume,
video,
comment)
3.4.3. Mendemonstrasikan perilaku khauf
(group resume,
video,
comment)
3.4.4. Mendemonstrasikan perilaku taubat
(group resume,
video,
comment)
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
A.
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat
mendemonstrasikan perilaku ikhlas ke dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat dan benar.
B.
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat
mendemonstarsikan perilaku taat dalamkehidupan sehari-hari dengan tepat
dan benar.
C.
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat
mendemonstarsikan perilaku khauf dalamkehidupan sehari-hari dengan tepat
dan benar.
D.
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat
mendemonstarsikan perilaku taubat dalamkehidupan sehari-hari dengan
tepat dan benar.
II.
MATERI
A.
Perilaku ikhlas
B.
Perilaku taat
C.
Perilaku khauf
D.
Perilaku taubat
III.
METODE/STRATEGI
A.
Metode
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
B.
Strategi
1.
Group Resume
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
(Apersepsi) 12 menit
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/alat
kebutuhan
|
3
menit
2
menit
5
menit
|
Salam/do’a
Membaca
absen
Apersepsi
-Guru :
Selamat pagi adik-adik?
-Murid
: Selamat pagi Bu,,
-Guru :
Hari ini kita akan mempelajari perilaku ikhlas, taat,
kahauf, dan taubat. Ayo coba siapa yang tau bagaimana perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat itu?
-Murid : Saya Bu…
-Guru : Iya, coba kamu sari
-Murid : Ikhlas, taat, khauf, dan taubat adalah perbuatan yang terpuji Bu…
-Guru : Jawaban yang bagus, hari ini kita akan mempelajari ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
|
Tanya
jawab
Learning
start
Question
|
Absensi,
bolpoint
|
2.
Kegiatan inti
(eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) 55 menit
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/alat
kebutuhan
|
3
menit
1
menit
1
menit
15
menit
5
menit
5
menit
5
menit
10
menit
|
-Guru
membagi peserta ke dalam 4 kelompok
yaitu kelompok 1 bertopik ikhlas,
kelompok 2 bertopik taat, kelompok 3 bertopik khauf, dan kelompok 4 bertopik
taubat.
-Guru
membagikan materi ikhlas, taat, khauf, dan taubat
-Guru
membagikan kertas plano dan spidol pada masing-masing kelompok untuk menulis
hasil diskusi.
-Masing-masing
kelompok melakukan diskusi tentang topiknya masing-masing dan menulis hasil
diskusinya di kertas plano dengan spidol dan menempelkannya di papan tulis
menggunakan spidol.
-Guru
menunjuk salah satu dari anggota kelompok untuk mempresentasikannya di depan
kelas.
-Guru
menampung jawaban dan di lanjutkan dengan menyampaikan materi
-Menggunakan
power point yang di dalamnya terdapat gambar perbuatan ikhlas,taat khauf,dan
taubat
-Guru
meminta kepada seluruh peserta untuk mengamati gambir tersebut dan memikirkan
pesan yang terkandung dalam gambar tersebut terkait khlas, taat, khauf, dan
taubat.
-Guru
meminta peserta menyampaikan isi pesan terkait dengan ikhlas, taat, khauf,
dan taubat secara bergantian.
-Guru
mengkaitkan komentar peserta dengan materi perbuatan ikhlas, taat, khauf, dan
taubat.
|
Group
resume
|
Buku.
T. ibrohim & Darsono, membangun akidah & Akhlah untuk kelas VII
Madrasah Tsanawiyah, 2009, halaman 44-52
Kertas
plano, spidol, solasi, papan tulis, hand out materi
LCD,
laptop
|
3.
Kegiatan akhir
15 menit
Penutup
Waktu
|
Kegiatan
|
Strategi/metode
|
Sumber/bahan/alat
kebutuhan
|
10
menit
2
menit
1
menit
2 menit
|
-Refleksi
Guru
meminta peserta untuk menyanyikan
lagu wajib sambil mengoperkan penghapus ke teman di sampingnya, lalu guru
menghentikan lagu dan penghapus yang berhenti di salah satu murid di
perintahkan untuk menjelaskan apa yang mereka pahami mengenai ikhlas, taat,
khauf, dan taubat.
-Penilaian
Guru
membagikan soal-soal uji kompetensi.
-RTL
Guru
memberikan tugas mandiri LKS halaman
19.
-Do’a/salam.
|
|
Penghapus
Lembar
soal
Buku
Aqidah akhlak
|
5
SUMBER/BAHAN
ALAT/KEBUTUHAN
A.
Sumber
1.
Buku T. Ibrahim
dan Darsono, Membangun Aqidah dan Akhlak untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah,
2009, halaman 44-52.
B.
Bahan
alat/kebutuhan
1.
Kertas plano,
spidol, solasi, papan tulis, hand out materi.
2.
LCD, laptop.
6
PENILAIAN
A.
Non Tes
1.
Penilaian sikap
B.
Non Tes
1.
Penilaian sikap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar