Sabtu, 21 April 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                        : VII /1
Alokasi waktu                         : 2X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI  : 3. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
KOMPETENSI DASAR       : 3.4. membiasakan prilaku ikhlas,taat, khauf, dan taubat
                                                         dalam kehidupan sehari-hari
INDIKATOR                         : 3.4.1. Mendemonstrasikan perilaku akhlak (group resume,
                                                video, comment)
                                                  3.4.2. Mendemonstrasikan perilaku taat (group resume,
                                                video, comment)
                                                  3.4.3. Mendemonstrasikan perilaku khauf (group resume,
                                                video, comment)
                                                  3.4.4. Mendemonstrasikan perilaku taubat (group resume,
                                                video, comment)
I.                   TUJUAN PEMBELAJARAN
A.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat mendemonstrasikan perilaku ikhlas ke dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.
B.     Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat mendemonstarsikan perilaku taat dalamkehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.
C.     Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat mendemonstarsikan perilaku khauf dalamkehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.
D.    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa/siswi dapat mendemonstarsikan perilaku taubat dalamkehidupan sehari-hari dengan tepat dan benar.

II.                MATERI
A.    Perilaku ikhlas
B.     Perilaku taat
C.     Perilaku khauf
D.    Perilaku taubat
III.             METODE/STRATEGI
A.    Metode
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
B.     Strategi
1.      Group Resume
IV.             LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal (Apersepsi) 12 menit
Waktu
Kegiatan
Strategi/metode
Sumber/bahan/alat kebutuhan
3 menit
2 menit
5 menit
Salam/do’a
Membaca absen
Apersepsi 
-Guru  : Selamat pagi adik-adik?
-Murid : Selamat pagi Bu,,
-Guru  : Hari ini kita akan                                  mempelajari perilaku ikhlas,   taat, kahauf, dan taubat. Ayo               coba siapa yang tau                               bagaimana perilaku ikhlas,                    taat, khauf, dan taubat itu?
-Murid : Saya Bu…
-Guru   : Iya, coba kamu sari
-Murid : Ikhlas, taat, khauf, dan taubat               adalah perbuatan yang terpuji               Bu…  
-Guru   : Jawaban yang bagus, hari ini               kita akan mempelajari ikhlas,               taat, khauf, dan taubat.

Tanya jawab
Learning start
Question


Absensi, bolpoint


2.      Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) 55 menit

Waktu
Kegiatan
Strategi/metode
Sumber/bahan/alat kebutuhan
3 menit




1 menit

1 menit


15 menit





5 menit


5 menit


5 menit


10 menit





-Guru membagi peserta ke dalam 4  kelompok yaitu kelompok 1 bertopik    ikhlas, kelompok 2 bertopik taat, kelompok 3 bertopik khauf, dan kelompok 4 bertopik taubat.
-Guru membagikan materi ikhlas, taat, khauf, dan taubat
-Guru membagikan kertas plano dan spidol pada masing-masing kelompok untuk menulis hasil diskusi.
-Masing-masing kelompok melakukan diskusi tentang topiknya masing-masing dan menulis hasil diskusinya di kertas plano dengan spidol dan menempelkannya di papan tulis menggunakan spidol.
-Guru menunjuk salah satu dari anggota kelompok untuk mempresentasikannya di depan kelas.
-Guru menampung jawaban dan di lanjutkan dengan menyampaikan materi
-Menggunakan power point yang di dalamnya terdapat gambar perbuatan ikhlas,taat khauf,dan taubat
-Guru meminta kepada seluruh peserta untuk mengamati gambir tersebut dan memikirkan pesan yang terkandung dalam gambar tersebut terkait khlas, taat, khauf, dan taubat.
-Guru meminta peserta menyampaikan isi pesan terkait dengan ikhlas, taat, khauf, dan taubat secara bergantian.
-Guru mengkaitkan komentar peserta dengan materi perbuatan ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
Group resume
Buku. T. ibrohim & Darsono, membangun akidah & Akhlah untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah, 2009, halaman 44-52



Kertas plano, spidol, solasi, papan tulis, hand out materi


LCD, laptop





3.      Kegiatan akhir 15 menit
Penutup
Waktu
Kegiatan
Strategi/metode
Sumber/bahan/alat kebutuhan
10 menit









2 menit


1 menit


2 menit
-Refleksi
Guru meminta peserta untuk      menyanyikan lagu wajib sambil mengoperkan penghapus ke teman di sampingnya, lalu guru menghentikan lagu dan penghapus yang berhenti di salah satu murid di perintahkan untuk menjelaskan apa yang mereka pahami mengenai ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
-Penilaian
Guru membagikan soal-soal uji kompetensi.
-RTL
Guru memberikan tugas   mandiri LKS halaman 19.
-Do’a/salam.

Penghapus












Lembar soal


Buku Aqidah akhlak
5        SUMBER/BAHAN ALAT/KEBUTUHAN
A.    Sumber
1.      Buku T. Ibrahim dan Darsono, Membangun Aqidah dan Akhlak untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah, 2009, halaman 44-52.
B.     Bahan alat/kebutuhan
1.      Kertas plano, spidol, solasi, papan tulis, hand out materi.
2.      LCD, laptop.
6        PENILAIAN
A.    Non Tes
1.      Penilaian sikap
B.     Non Tes
1.      Penilaian sikap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar