Sabtu, 21 April 2012

Silabus


PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINMAL
SDN 3 KREBET SEMESTER I DAN II

MATA PELAJARAN                        :
KELAS                                   :
JUMLAH KD                         :
NILAI KKM                          :


KOMPETENSI DASAR

KRITERIA KETUNTASAN MINMAL
KRITERIA PENETAPAN KETUNTAS
kompleksitas
Daya dukung
intake
Nilai KKM
1.1 Menjjelaskan Makna Seni  rupa terapan




1.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan       yang ada di daerah setempat




1.3 Menunjukan sikap  apresiativ terhadap fung karya seni rupa terapan.




1.4 Menunjukan sikap  apresiativ terhadap     keartistikan karya seni rupa terapan.




2.1 Merngekspresikan diri melalaui gambar dengan tema benda alam ,buah buahan tangai ,kerang dsb,




2.2 Memaerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema vbenda alam




3.1 Mengidentivikasi berbagai ragam  lagu dan alat mjusaik ritmis




3.2 Mernunjujkan sikap apresiativ terhadap berbagai ragam lahu dan alat musik ritmis




4.1 Mennyiapkan permainan alat musik ritmis.




4.2 Memainkan alat musik ritmis dsi depan penonton




5.1 Menidentivikasi perak busana,dan perlengkapan tari nu8santara daerah setempat.




5.2 Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak,busana dan perlengkapan sebi tari nusantara daerah setempat.




6.1 Menyiapkan peragaan tari nusantara daerah setempat.




6.2 Memperagakan tari nusantaera daearah setempat sesuai irngan didepan penonon.




7.1 Mengidentivikasi jemis karya kerajinan nusantara.




Menampilkan perilaki apresiative terhadp karya kerajinan nusantara




8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik motif hias nusantara.




8.2 Membuat karyas kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat.




8.3 Mrancang benda dengan teknik konstruksi.




8.4 Membuat benda dengan teknik konstruksi.




 9.1 Menjelaskan makna seni rupa murni.




9.2 Mengidentifikasi jenis karya seni  rupa murni  yang ada didaerah setempat 




9.3 Menampilakan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni




10.1 Membuat relif dari plastic dengan pola motif hias




10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang untuk pameran kelas




10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentukk pameran kelas




11.1 Menjelaskan diamika dalam seni musik.




11.2  Mengidentifikasi perbedaan dinamika




Menngidentiffikasi alat musik melodis




11.4 Menamplkan sikap apresiatif  terhadap dnamka dalam seni musik




12.1 Memainkan alat musik sederhana




12.2 Menyiapkan penyajian lagu daerah dan nlahu wajib dengan iringan sederhana.




12.3 Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengann iringan musik sederhana




13.1 Mengidentifikasi gerak ,busana ,dan perlengkapan tari nusantara daerah lain.




13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap symbol dan kkeunikan karya seni tari nusantara.




14.1 Menyiapkan tar9i nusantara dan daerah lain sesuai iringan




14.2 Memperagakan tari nusantara dandaerah lain sesuai iringan




15.1 Mengidentifikasi karya kerajinan nusantara dan daerah setempat.




15.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan nusantara daerah setemapt




16.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan  teknik atau  motif hias nusantara




16.2 Membuat kerajinan berdasarkan rancangan sendiri




16.3 Merancang pembuatan benda  dengan teknik konstruksi




16.4  Membuat benda dengan teknik konstruksi
















Mengetahui
Kepalan SDN 3 Krebet





Drs. H. IMAM FAHRUDDIN, M.Pd
NIP. 19540604 197807 1 003

Sidoarjo,



Guru Tari





DINA REKNA KUMALA D.,S.Pd
NIP.
,    



 

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASANMINIMAL
SDN 3 KREBET SEMESTER I DAN II

MATA PELAJARAN                        :
KELAS                                   :
JUMLAH KD                         :
NILAI KKM                          :


KOMPETENSI DASAR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Nilai KKM
1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara.




1.2 Menjelaskan cara membatik




1.3 Mennampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni nusantara




2.1 Membatik dengan teknik sederhana




2.2 mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasan di sekolah




2.3 Merancang boneka




3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah nusantara




3.2 Mennampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah nusantara




4.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis




4.2 Mennyanyikan lagu wajib ,daerah dan nusantara dengan iringan sederhana




5.1 Menjelaskan makna pola lantai pada tarian




5.2 Membandingkkan pola lantai gerak tari nusantara daerah setempat




6.1 Menyiapkan peragaan tari musantara daerah setempat dengan pola lantai secaraberkelompok




7.1 Mendeskrepsikan kesesuaian fungsi kakuatan dan  keindahan karya kerajnan anyaman




8.1 Membuat kerajinan anyaman




8.2 Merancang benda pakai dari bahan anyaman




8.3 Membuat benda pakai dari bahan anyaman




9.1 Mengidentifkasi motif hias pada karaya seni rupa nusantara daerah lain




9.2 Menampilkan sikap paresiatif terhadap keunikan seni rupa nusantara daerah lain.




10.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar.




10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameraqn kelas.,




10.3 Menata karya seni rupa yang dinuat pameran kelas




11.1 Membandungkan berbagai lagu dan musik nusantara




11.2 Menampilkan skap apresiatif terhadap[ lagu an musik nusantara




12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis




13.1 Membbandingkan pola  lanta gerak tari




13.2 Menganilisis pola lantai gerakm tari nusantara berdasarkan pengamatan




14.1 Meragakan tari nusantara dengan pola lantai secara berkelompok.




14.2 Mewnyiapkan pertunjukan tari nusantara di sekolah.




14.3 Memnggelar pertunjukan tari nusantara di sekolah.




15.1 Mendesekrepsikan kesesuaian fungsi kekuatan  dan keindahan karya kerajiann benda mainan beroda.




15.2 Menampilkan skap apresiatif terhadap karya kerajinan mainan beroda.




16.1 Merancang benda mainan beroda.




16.2 Membuat benda mainan beroda


















Mengetahui
Kepalan SDN 3 Krebet





Drs. H. IMAM FAHRUDDIN, M.Pd
NIP. 19540604 197807 1 003

Sidoarjo,




Guru Tari





DINA REKNA KUMALA D.,S.Pd
NIP.





PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SDN 3 KREBET SEMESTER I DAN II

MATA PELAJARAN                        :
KELAS                                   :
JUMLAH KD                         :
NILAI KKM                          :



KOMPETENSI DASAR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
Nilai KKM
1.1 Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa  dua dimensi




1.2 Menunjukan sikap aprsiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi




2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dai motif hias daerah setempat.




3.1 Mengidentifikasi berbagai symbol nada dalam lahu sederhana




3.2 Menghubungkan antara symbol nada dengan element musik




3.3 Menghubungkan antara symbol nada dengan tempo dalam lagu




4.1 Memainkan alat musik ritmis sederhana




4.2 Menyanyikan lahu wajib,daerah dan lahu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana




5.1 Menjelaskan symbol dalam seni tari




5.2 Menunjukan sikap apresiatif terhadap symbol yang terkandung dalam  karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan




6.1  Menyiapkan penyantian tarian pendek bertema tanpa iringan




6.2 Menyanyikan tarian Pendek bertema tanpa iringan




7.1 Menampilkan sikap apresiatif terhjadap benda yang digerkan oleh angina




7.2 Merancang benda yang dapat digerakan oleh angina dari bahan kertas




7.3 Membuat benda yang dapat digerakan oleh angina dari bahan kertas




8.1 Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi




8.2 Menunjukan sikap apresiatif terhadap symbol dalam seni rupa tiga dimensi




9.1 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenal alam sekitar




9.2 Memberi hiasan warna pada benda tiga dimensi




10.1 Menjelaskan symbol tempo dalam lagu




10.2 Menjelaskan makna asambel




10.3 Menghubungkan antara symbol nada dengan elemen musik




10.4 Menghubungkan symbol nada dengan tempo dalam lagu




11.1 Memainkan musik musik dalam bentuk asambel dengan alat musik sederhana




11.2 Menyanyikan l;agu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana




12.1 Menghubungkan gerak busana dan perlengkapan dengan symbol dalam seni tari



































Mengetahui
Kepalan SDN 3 Krebet





Drs. H. IMAM FAHRUDDIN, M.Pd
NIP. 19540604 197807 1 003

Sidoarjo,




Guru Tari





DINA REKNA KUMALA D.,S.Pd
NIP.

























KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
SENI BUDAYA DAN KETRAMPILAN





















SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KREBET
KECAMATAN JAMBON
KABUPATEN PONOROGO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar